Pengertian Katarak mengenal arti katarak

Pengertian Katarak mengenal arti katarak

Lensa manusia mirip dengan lensa kamera yang digunakan untuk memfokuskan gambar ke bagian belakang mata . Biasanya, lensa ini bersifat jernih dan transparan. Saat lensa menjadi berkabut, gambar menjadi buram dan kondisi ini disebut sebagai katarak.

Katarak

Pada tahun 2009, ada lebih dari 54.000 orang yang menunggu antrean operasi katarak di berbagai rumah sakit Otoritas Rumah Sakit (HA) di Hong Kong, dan lebih dari 42.000 orang di antaranya berusia di atas 71 tahun.

Katarak merupakan kelainan mata yang umum terjadi. Katarak terjadi karena proses penuaan alami pada lensa mata. Oleh karena itu, risiko katarak akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia.

Faktor risiko katarak lain mencakup miopia yang serius, paparan sinar matahari yang terlalu lama, penyakit tertentu seperti diabetes, atau penggunaan obat-obatan tertentu. Jadi, siapapun bisa menderita katarak. Survei  yang dilakukan di Hong Kong menunjukkan bahwa sekitar 14% orang yang berusia antara 36 dan 45 tahun menderita katarak.

Hal ini menunjukkan bahwa katarak cenderung berkembang pada usia yang lebih muda. Hal ini terjadi mungkin karena ada lebih banyak orang yang menderita miopia tinggi dan terlalu sering menggunakan

mata mereka untuk melakukan pekerjaan jarak dekat. Katarak awal tidak memiliki gejala yang jelas. Jika tidak diobati, katarak bisa menyebabkan kebutaan permanen. Kita harus merawat penglihatan dengan sangat hati-hati dan melakukan pemeriksaan mata secara berkala untuk deteksi katarak dini.

*Sumber: Program Opini Publik Universitas Hong Kong (HKUPOP), 2007.

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts