Jalur Saraf Penglihatan

JALUR SARAF PENGLIHATAN

Nervus optikus berjalan ke arah posteromedial, meninggalkan foramen optikum. Segera setelah melampui canalis optikus, kedua saraf ini begabung di garis median membentuk chiasma optika.

Pada chiasma ini serabut-serabut yang mengadakan decussatio adalah serabut yang berasal dari bagian nasal retina. Serabut ini berfungsi untuk melihat lapang pandang sebelah temporal.

Serabut-serabut yang berasal dari bagian temporal retina, tidak mengadakan persilangan. Serabut ini berfungsi untuk melihat lapang pandang sebelah nasal.

Setelah melalui chiasma optika, serabut optik tadi disebut sebagai traktus optikus dan berjalan ke arah dorsolateral mengelilingi pedinculus serebri. 

Sebagian besar traktus ini berakhir pada corpus geniculatum laterale, dan sebagian kecil meninggalkan traktus optici yang akan menuju ke nucleus pretektalis dan colliculus cranialis. 

Serabut yang menuju area pretektalis berfungsi untuk reflek cahaya pupil dan reflek optik lainnya.

Setelah berganti neuron di corpus geniculatum laterale, maka axonnya akan menuju ke area Broadman 17 dan serabut geniculocalcarina ini membentuk radiatio optica. Radiatio optica akan mengelilingi cornu inferior dan posterior ventriculus terlebih dahulu sebelum sampai pada area striata.

Akson sel-sel ini berjalan ke caudal ke mesencephalon sebagai fibra corticotegmentalis yang dapat menghantarkan impuls dari korteks ke nucleus occulomotorius.

Serabut-serabut yang menuju area pretectalis dapat berakhir di 2 tempat yaitu :
Colliculus cranialis

Impuls dari retina yang mencapai daerah ini akan melanjut ke caudal menuju medulla spinalis melalui traktus tectospinalis untuk memungkinkan reflek optik yang menyangkut gerakan-gerakan leher, trunkus dan membran.
Nucleus pretectalis

Ini merupakan kumpulan sel-sel neuron kecil yang terletak di sebelah ventral colliculus caranilis. Serabut yang menuju nucleus pretectalis ini berperan pada reflek cahaya pupil. Dari sini impuls retina ini dapat diteruskan ke nucleus Edinger Wesphal pada sisi homo dan kontra lateral melalui fibrae pretecto-oculo-motori. 

Kemudian serabut-serabutnya akan menuju ganglion ciliare. Serabut postganglionernya yaitu n. ciliaris brevis akan menuju ke m. sphincter pupillae sehingga pupil mengecil dan menuju ke m. ciliaris sehingga terjadi akomodasi.


AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts