Bagian Bagian Indera Penglihatan Mata

Bagian Bagian Indera Penglihatan Mata

Media refrakta adalah media yang membiaskan sinar.
Cornea
Fungsi :
o Sebagai membran pelindung

Cornea menutup bola mata di sebelah depan
o Sebagai media refrakta.

Pembiasan cahaya di cornea terutama dilakukan pada permukaan anterior. Pembiasan sinar terkuat dilakukan oleh kornea dimana 40 dioptri dari 50 dioptri.

Cornea merupakan organ yang paling banyak memiliki serabut nyeri terutama di bagian central, sehingga sentuhan sedikit pada kornea akan dirasakan sangat sakit.

Bila kornea disinari suatu sumber cahaya yang konsentris pada kornea maka akan bersifat konsentris juga gambar dapat dipantulkan pada kornea karena kornea bersifat cermin cembung.

Interpretasi pemeriksaan cornea :
Normal : licin, mengkilat, konsentris dan continue.
Abnormal :
o Lingkaran continue tetapi ada bagian tidak mengkilat (kabur), bergerigi àedema cornea.
o Lingkaran tidak continue : defect epitel cornea àulkus kornea, erosion, fistula kornea.
o Lingkaran mengkilat continue, konsentris tetapi berkelok-kelokàsikatrik pada kornea
o Lingkaran mengkilat, continue, oval dan tidak konsentris àastigmatisma

Cairan humor aquos
Cairan humor aquos diproduksi oleh proc. Ciliaris corpus ciliare. Selain menghasilkan humor aquos, corpus ciliare juga mengontrol kemudahan pembuangannya serta berperan dalam proses akomodasi.

Hasil produksi yang berupa cairan dan elektrolit diangkut melalui epitel ke dalam camera occuli posterior. Pengangkutan ini tergantung dari tekanan darah dalam corpus ciliare dan permeabilitas kapilernya.

Apabila tekanan intra ocular meningkat maka aliran darah di dalam corpus ciliare berkurang. Selanjutnya humor aquos akan mengalir dari camera oculi posterior ke camera occuli anterior melalui pupil karena terdapat perbedaan tekanan diantara kedua ruangan tersebut. Apabila tekanan di camera occuli posterior meningkat, maka tekanan itu akan diteruskan ke semua arah termasuk lensa dan corpus vitreum dengan akibat lensa dan iris akan terdorong ke depan.

Tekanan intra oculi normal 15-18 mmHg. Tekanan normal tertinggi pada waktu bangun tidur pagi hari dan terendah pada malam hari.

Fungsi :

o Sebagai media refrakta
o Untuk nutrisi lensa dan kornea
o Untuk mengatur tekanan bola mata

Lensa crystalina
Berbentuk lempeng cakram bikonveks, avaskular, tidak berwarna dan transparan. Permukaan belakangnya lebih cembung daripada permukaan depan. Terletak di belakang iris, di depan corpus vitreum. Digantung oleh zonula zinii atau lig. Suspensorium lentis.

Fungsi :
o Memfokuskan sinar dengan cara akomodasi untuk melihat dekat.
Otos ciliaris berkontraksi sehingga tegangan zonula berkurang, kapsul lensa yang elastik kemudian mempengaruhi lensa menjadi lebih sferis diiringi peningkatan daya biasnya. Seiring dengan pertambahan usia, kemampuan refraksi lensa perlahan-lahan berkurang.

Corpus vitreum
Merupakan gel transparan yang terdiri atas air ( lebih dari 99% ), kolagen dan glikosaminoglikan yang berhidrasi berat, yang unsur utamanya ialah asam hialuronat. Corpus vitreum menempati ruangan mata dibelakang lensa.


AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts